Knowledge Management Model dedy kurniawan No Comment

1. Boisot’s Knowledge Category Models


boisot framework
Boisot Framework
Konsep dasarnya adalah bahwa informasi berbeda dengan aset fisik, dan bahwa informasi merupakan hasil ekstrak dari data yang merupakan pra-pengetahuan.
Dimensi model I-Space:
    1.Codified – uncodified
    2.Abstract – concrete
    3.Diffused - undiffused
Memang, model ini menunjukkan bahwa ada penyebaran atau difusi pengetahuan di organisasi yang tercermin dalam dimensi horizontal model. Namun, dikodifikasikan dan uncodified kategori dalam model adalah kategori diskrit pengetahuan. Selain itu, konsep pengetahuan menyebar agak umum dan kurang jelas apakah itu termasuk mengumpulkan pengetahuan dalam organisasi atau gagasan menyebarkannya.


2. Demerest’s Knowledge Management Model

demerest
Model Manajeman Pengetahuan Oleh Demerest

Manajemen pengetahuan milik Demerest ini menekankan pada susunan dari pengetahuan dalam struktur organisasi,  konstruksi ini tidak dibatasi dalam masukkan ilmiah saja tetapi juga terlihat sebagai susunan sosial dari suatu pengetahuan. model ini mengasumsikan bahwa susunan pengetahuan itu mirip sekali dengan organisasi, tidak hanya melalui program yang tereksplisit tetapi juga melalui proses pertukaran (Mcadam dan McCreedy, 1999).
Gambar dibawah ini menjelaskan bahwa ada tiga proses  penyebaran pengetahuan yang dianut oleh suatu organisasi dan sekitarnya. Pada akhirnya pengetahuan dipandang sebagai penggunaan ekonomi dalam kaitannya output organisasi. tanda panah pada gambar menjelaskan aliran utama dari arus yang lebih rekursif . model ini menunjukkan bahwa ia tidak mengasumsikan apapun dari defenisi yang ada tetapi lebih menggunakan pendekatan holistik, meskipun dalam kenyataannya, aliran dari transfer pengetahuan mungkin sangat lebih cepat dan berulang-ulang, sebagaimana dala kasus untuk beberapa bentuk tindakan pembelajaran.
Gambar diatas ini sangat berguna untuk menstruktur riset lebih lanjut dari suatu manajemen pengetahuan sebagaimana yang dijelaskan dalam pandangan yang seimbang. bagan ini membolehkan manajemen pengetahuan diasosiasikan dengan paradigma sosial yang berkembang semantara pada saat yang bersamaan berkontribusi dalam paradigma yang ada saat ini.

3. Stankosky and Baldanza’s Knowledge Management Framework 

Stankovsky dan Baldanza
Stankovsky dan Baldanza Model Manajemen Pengetahuan

 

Stankosky dan Baldanza (2001) mengembangkan sebuah kerangka kerja manajemen pengetahuan yang membahas faktor-faktor seperti belajar, budaya, kepemimpinan, organisasi dan teknologi memungkinkan. Kerangka kerja ini menyajikan bahwa manajemen pengetahuan mencakup berbagai disiplin ilmu yang mencakup ilmu kognitif, komunikasi, perilaku individu dan organisasi, psikologi, keuangan, ekonomi, sumber daya manusia, manajemen, perencanaan strategis, berpikir sistem, proses rekayasa ulang, rekayasa sistem, komputer teknologi dan perangkat lunak dan ilmu perpustakaan.
by Dedy Kurniawan

Pekerja dan Praktisi IT di Media Massa Regional Sumatera Selatan

Ikuti Saya @ Twitter | Facebook | Google Plus

No Comment